60 Juta Orang Asia akan Terjebak Kemiskinan Absolut

3 05 2009

Wahyu Daniel – detikFinance

Krisis ekonomi global yang terjadi saat ini akan membuat lebih dari 60 juta orang di Asia terjebak dalam kemiskinan absolut di tahun 2009. Jumlah ini akan semakin meningkat di 2010 menjadi hampir 100 juta orang.

Hal ini dikatakan oleh Presiden ADB Haruhiko Kuroda dalam acara Pertemuan Tahunan Ke-42 ADB (Asian Development Bank) di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Minggu (3/5/2009).

“ADB memperkirakan krisis yang terjadi saat ini akan membuat lebih dari 60 juta penduduk di negara-negara berkembang di Asia terjebak dalam kemiskinan absolut tahun ini, dan mendekati 100 juta penduduk lagi di 2010,” tuturnya.

Kuroda mengatakan keputusan Dewan Gubernur ADB untuk menaikkan modal dasar ADB dari US$ 55 miliar menjadi US$ 165 miliar akan memungkinkan ADB untuk meningkatkan bantuannya kepada negara-negara yang terpengaruh oleh penurunan ekonomi dunia.

Hal ini karena ADB bisa memberikan bantuan tambahan sebesar US$ 10
miliar dari sumber dana komersialnya dalam beberapa tahun ke depan untuk bantuan yang berkaitan dengan krisis.

“Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk mencegah terjadinya pembalikan hasil dari kerja keras kita dalam pembangunan sosial dan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di kawasan ini,” tukasnya.

Dikatakan Kuroda, negara-negara berkembang anggota ADB mengalami kekurangan dana sebesar US$ 53 miliar per tahun untuk bisa mencapai tujuan pembangunan milenium (MDG’s).

Sekitar seperempat dari seluruh penduduk di negara-negara berkembang anggota ADB tidak mendapatkan listrik, sebagian hanya memiliki rasio akses terhadap air bersih kurang dari 20% dan akses terhadap sanitasi di beberapa negara rendahn hanya 8%.

Selain itu lebih dari 30% dari penduduk pedesaan di negara-negara berkembang anggota ADB juga kekurangan infrastruktur jalan yang bisa digunakan sepanjang tahun.(dnl/lih)

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: